Teliti Sebelum Membeli

20Apr09

shopping

Saya termasuk orang yang beranggapan bahwa Alexander Graham Internet dan temuannya yang bernama internet itu membawa banyak sekali kemudahan dalam hidup seseorang. Termasuk dalam hal belanja.

Saya yakin setiap orang yang akrab dengan internet dan memiliki hobi belanja, paling tidak pernah menjajal berbelanja secara online (online shopping).  Saya sendiri sudah menjajalnya sejak bertahun-tahun yang lalu. Dan ya, memang online shopping sangat membantu proses purchasing yang saya lakukan untuk beberapa hal tertentu.

Contohnya, dengan online shopping terkadang saya bisa memperoleh barang yang saya cari, ketika bahkan saya tidak dapat menemukannya di toko fisik. Contoh lain, banyak toko/retalier yang juga memiliki gerai online yang terkadang memasang promosi untuk diskon dengan embel-embel “Diskon Besar Untuk Pembelian Online“, atau “internet price” yang memang terkadang lebih murah dari harga di toko.

Dan tentu saja masih banyak contoh kemudahan lainnya.

Tapi online shopping juga memiliki “efek negatif”. Sebagian orang mengatakan bahwa, “Kalau saya hendak membeli sesuatu, ya saya harus melihat barangnya terlebih dahulu.” Dalam artian ia beranggapan bahwa online shopping itu seperti membeli kucing dalam karung. We will not know what we got until we unpack the package.

That’s true. Terlebih lagi untuk barang-barang bekas yang ditawarkan melalui e-bay, misalnya.

Dan tentu saja proses online shopping itu sendiri membawa resiko tersendiri, seperti misalnya “terbajaknya” akun kartu kredit, atau worse comes to worst, kena tipu oleh toko online yang tidak mumpuni (incapable), atau lebih buruk lagi, website scam/tipu daya.

Nah, Alexander Graham Internet telah menyediakan ruang yang banyak, termasuk untuk melakukan riset sebelum membeli. Riset itu, selain untuk riset atas barang yang hendak dibeli, tentu saja perlu harus dilakukan terhadap si penjual. Apakah terpercaya atau tidak, apakah website toko online itu memiliki sertifikasi keamanan atau tidak, dan sebagainya.

Jadi, kuncinya untuk melakukan online shopping secara aman dan nyaman adalah riset sebelum melakukan transaksi, dan lakukan korespondensi dengan wakil dari perusahaan terkait sebelum melakukan order.

Selamat berbelanja! 😀

(foto diambil dari: http://specialoffers.starwoodhotels.com/uploadedFiles/SOP/westin_tysons_corner/_Content/shopping.jpg)
No Responses Yet to “Teliti Sebelum Membeli”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

