“Bad Hair Day”

05Mar09

monkey-bad-hair-day1

Bad hair day yang saya maksudkan di sini tentu saja bukan dalam makna yang sebenarnya. Tapi lebih kepada suatu kiasan, yaitu satu hari di dalam hidup seseorang, di mana yang bersangkutan itu mengalami hal-hal yang sangat menyebalkan sepanjang hari semenjak ia bangun tidur hingga turun tidur kembali.

Biasanya seseorang yang mengalami kesialan bertubi-tubi dalam satu hari itu akan bergumam, “I must have awoken at the wrong side of the bed.”

Misalnya, begitu bangun tidur, baru buka mata, matanya langsung kelilipan debu yang mulai beterbangan di pagi hari. Terus ketika beranjak bangun tulang kering kakinya terbentur ujung tempat tidurnya.

Dilanjutkan ke kamar mandi, ketika mau mandi dan melangkah ke bawah shower, tau-tau terpeleset (tapi tidak sampai jatuh sih). Dan ketika hendak mulai mandi, air yang mengucur tidak pula kunjung hangat.

Dilanjutkan ketika mau berangkat ke tempat kerja, minum kopinya terburu-buru, hingga tumpah dan mengenai baju, sehingga harus ganti lagi. Ketika sudah siap, hendak memanaskan mobil, ada orang yang parkir seenaknya di pintu keluar driveway-nya sehingga menghalangi jalan keluar mobilnya.

Ketika tiba di tempat kerja, di layar monitor komputer telah tertempel satu post-it dengan tulisa, “Your planned trip  for today has been cancelled. [signed] Boss’ Secretary.” Selanjutnya ketika orang ini mendapat tugas untuk menyusun presentasi, dia terus-menerus gagal menyusun pemikiran secara koheren sehingga bahkan ia sendiri pun merasa bahwa materi presentasi Sang Bos yang disusunnya is just a row of gibberish after gibberish. Ketika hendak mencetak handout presentasi, printer-nya pun bertingkah dan ngadat. Dia harus mencetak dari departemen lain di kantornya.

Ketika ia merasa bahwa tugasnya telah selesai, draft presentasi yang tadi dia buat dikembalikan oleh si Boss, dengan satu post-it kecil warna merah (tanda boss gak happy) dengan tulisan, “I could have had this written by a fourth-grader.

Ketika pulang ke rumah, ketika mau membuka pintu, ia baru sadar bahwa kunci rumah tertinggal di kantor. Ketika sudah berhasil masuk rumah, ganti baju, dan hendak bersantai, ia baru ingat bahwa ia belum me-replenish stok makanan di kulkas. Ketika menyalakan TV, hanya ada tulisan “The service is currently under maintenance.

Ketika hendak tidur, sudah rebah, dan menarik selimut dan berdoa, ia merasakan bahwa tempat tidurnya basah. Ternyata ia baru ingat, tadi pagi ia meletakkan gel rambut-nya begitu saja di atas tempat tidur tanpa tertutup dengan sempurna, sehingga sekarang isinya bertebaran di seluruh tempat tidurnya.

In short, his day was a f***ed-up day. Boy, he must have gotten up on the wrong side of his bed.

Nah, bagaimana sebenarnya menghentikan rangkaian “kesialan” tersebut?

Do something outside of our rutinity. Whatever it is. Do something different. Kalau orang itu biasanya maka di kantin yang ada di lantai dasar gedung tempat ia bekerja, maka ada baiknya ia makan di luar. Atau kalau selama ini ia kerja ditemani oleh alunan karya-karya Pachelbel, ia bisa mencoba Metallica.

Intinya, do something different. Do something un-routine.

Trus, untuk menulis tugasnya, coba cari presentasi sebelumnya (atau pinjam dari teman sekantor) yang isinya mirip-mirip, trus diketik ulang. Jangan dikopi paste… karena itu tidak akan membantu orang itu dalam “breaking the curse of a bad hair day“. Terus ketik itu presentasi contekan as it is, hingga membantu mengembalikan pemikiran menjadi koheren, barulah boleh dicoba ia menuangkan pemikiran menggunakan bahasanya sendiri.

Jadi, kalau sutu saat nanti anda mengalami “bad hair day“, atau anda bangun di sisi yang salah dari tempat tidur anda, coba dua formula di atas… atau bahkan anda pernah mengalaminya, dan punya resep yang jitu? Care to share? 🙂

Foto diambil dari http://www.popular-pics.com/ppimages/monkey-bad-hair-day.jpg

*****

Iklan


No Responses Yet to ““Bad Hair Day””

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: