Sinkronisasi

05Agu08

Ada satu kesulitan kesulitan tertentu yang muncul sebagai akibat dari pemilihan tema blog seperti yang sekarang saya pergunakan ini. Dengan tema yang bisa dikategorikan sebagai blog yang potoh-intensip ini, saya sering menemukan kesulitan untuk menuliskan sebuah tulisan yang bisa nyambung dengan gambarnya. Dan atau sebaliknya, saya kesulitan untuk mencari gambar yang cocok untuk tulisan yang saya buat.

Sebenarnya metode pemilihan tema blog ini sederhana, yaitu untuk menghindari falsafah waton nulis. Tanpa adanya foto, tentu saja saya akan terpancing untuk menuliskan apapun, bahkan kadang-kadang mengenai hal yang seharusnya tetap berada di ruang privat.

Sinkronisasi antara gambar dan foto memang sebenarnya diperlukan. Dalam kaidah jurnalistik, untuk berita, foto justru harus bisa memberikan ilustrasi yang tepat mengenai berita yang disajikan.

Dengan persamaan itu, dengan menggunakan tema yang potoh-intensip ini, paling tidak saya akan dituntut (paling tidak oleh diri sendiri) untuk menciptakan tulisan yang bukan waton tulisan.

Sinkronisasi saya yakin adalah hal yang susah-susah gampang, gampang-gampang sulit. Dalam konteks ngeblog ini, saya harus dituntut untuk bisa mencari/mendapatkan gambar yang bagus. Sukur-sukur hasil jepretan sendiri, atau kalau kepepet ya nyomot dari internet. Meskipun saya rasa kok memalukan kalau mesti nyomot dari internet.

Masalahnya, saya tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk menghasilkan foto-foto yang berkualitas setiap hari. Lebih parah lagi, ketidakmampuan yang hampir serupa juga menghinggapi dalam hal kualitas tulisan.

No Responses Yet to “Sinkronisasi”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

