Kebanggaan Semu

17Jul08

Kalau anda menjadi saya, apa yang akan anda rasakan ketika menyaksikan pertunjukan musik tradisional Indonesia yang dimainkan oleh orang asing? Bangga kah? Senang kah? Biasa-biasa saja kah? Atau tidak peduli?

Saya merasakan perasaan yang bercampur aduk ketika menyaksikan pertunjukan semacam itu. Bangga iya, kuatir juga iya. Saya bangga karena ternyata budaya bangsa saya digemari dan dipelajari dengan sungguh-sungguh oleh orang asing.

Namun saya juga kuatir bahwa jangan-jangan, pada saatnya nanti, anak cucu saya harus belajar bagaimana menabuh gamelan dari orang-orang asing itu. Tidak usah jauh-jauh ke anak cucu. Bahkan saya juga tidak bisa membedakan mana yang slendro, mana yang pelog.

Ah, saya memang tidak adil. Saya hanya bisa marah-marah ketika beberapa warisan budaya bangsa saya diaku dimiliki oleh bangsa lain, tanpa mau mendalami obyek yang diributkan itu.

No Responses Yet to “Kebanggaan Semu”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

